Curiga WhatsApp kamu di Hack ? Ini Cara untuk Mengetahuinya

Posted on

Curiga WhatsApp kamu di Hack ? Ini Cara untuk Mengetahuinya

Apakah WhatsApp kamu Di Hack? Inilah Yang Harus kamu Ketahui

WhatsApp adalah aplikasi sosial media yang berfungsi sebagai alternatif untuk panggilan dan SMS smartphone tradisional. Dan ini semua gratis, dimiliki oleh Facebook, dan menyediakan berbagai fitur yang sangat disukai para penggunanya, salah satu contoh seperti panggilan internasional berbasis internet gratis dan enkripsi ujung ke ujung.

WhatsApp memang salah satu media yang sangat populer, memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna yang mengirim 60 miliar pesan setiap hari.

Pada Mei 2019, WhatsApp mengungkapkan kerentanan pada sistem  yang mereka miliki yang memungkinkan para hacker atau peretas mengakses tidak hanya profil pengguna, tetapi seluruh ponsel mereka. Diyakini bahwa spyware memiliki target yang diinginkan dan untungnya, WhatsApp dapat dengan cepat merespons dan mengembangkan pembaruan untuk dapat melindungi penggunanya.

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Anda

Jika kamu menggunakan aplikasi  WhatsApp, pastikan telah menginstal update atau pembaruan yang terbaru. Tetapi ada juga langkah-langkah lain yang bisa kamu ambil untuk melindungi akun whatsApp kamu.

Gunakan Aplikasi Kunci – WhatsApp belum memiliki fitur penguncian, tetapi kamu  dapat menggunakan aplikasi kunci pihak ketiga untuk melindungi akun WhatsApp kamu. Unduh aplikasi kunci yang dipercaya, atur pola untuk membuka kunci layar WhatsApp kamu, dan kamu akan selangkah lebih maju dari para hacker atauperetas.

Selalu lakukan logout dari Akun WhatsApp kamu – Baik saat kamu memakai WhatsApp web ataupun whatsApp ponsel, pastikan juga bahwa kamu selalu logout dari aplikasi  tersebut setelah selesai menggunakanya. Ini adalah rutinitas yang harus dibiasakan dengan tujuan agar WhatsApp mengirimkan notofikasi  setiap kali seseorang ingin login dengan akun whatsapp tersebut. Jika kamu selalu logout setelah selesai memakai WhatsApp, kamu akan mendapat notifikasi  jika ada orang selain kamu menggunakan akun WhatsApp tersebut.

Otentikasi Dua Faktor – Kamu seharusnya sudah harus terbiasa untuk melakukan tidakan pengamanan ini. Sangat direkomendasikan untuk semua jenis akun, tidak terkecuali dengan akun WhatsApp. Aplikasi whatsApp sudah menggunakan enkripsi dari ujung ke ujung, jadi  hal ini akan melindungi diri akun WhatsApp tersebut.  Dengan otentikasi dua faktor menjadikan tembok yang sulit bagi para Hacker untuk membobol data-data mu.

Apakah Akun WhatsApp Kamu DiHack?

Sebagian dari kita pasti sudah melakukan beberapa langkah keamanan untuk melindungi akun WhatsApp pribadi. Namun sangat disayangkan, pada kenyataannya tidak ada akun apapun yang 100% aman dari para hacker.

Jika kamu bertanya-tanya dan curiga apakah akun WhatsApp Anda telah di hack, berikut ini adalah beberapa tanda yang perlu kamu ketahui.

Kamu Tidak Dapat Masuk – Sebenarnya aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan di lebih dari satu perangkat secara bersamaan. Jadi, jika kamu pernah mengalami masalah saat masuk ke akun atau tidak dapat melakukan panggilan, ada kemungkinan orang lain menggunakan akun whatsApp tersebut.

Periksa WhatsApp Web – WhatsApp Web adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengobrol dari browser mereka. Ini adalah fitur hebat tetapi sayangnya, peretas dapat memperoleh akses ke Web WhatsApp Anda dan melihat log dan status obrolan yang kamu lakukan. Tidak akan ada tanda yang jelas bahwa seseorang telah meretas WhatsApp Web.

Jadi inilah cara kamu untuk mengetahuinya. Buka aplikasi dan klik menu. Pilih “WhatsApp Web” di mana kamu dapat memeriksa untuk melihat perangkat apa yang memiliki akses ke akun WhatsApp kamu. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, kemungkinan besar akun WhatsApp kamu sudah kena retas.

WhatsApp  merupakan aplikasi hebat yang memudahkan kita untuk bisa berkomunikasi secara global, tetap berhubungan dengan keluarga dan teman, serta bekerja dengan klien dan bisnis lainnya. Sayangnya, para hacker atau peretas ini bisa menjadi masalah yang membuat sangat tidak nyaman.

Semoga kamu sudah mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengamankan ponsel cerdas dan akun WhatsApp kamu, tetapi jika akun WhatsApp kamu telah diretas, pantau terus blog kami tentang mendapatkan kembali akses ke akun WhatsApp kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.