Cara Mengetahui jika Akun Instagram Dibajak Seseorang

Posted on

Bagaimana cara untuk mengetahui jika akun instagram sedang dibajak atau diretas oleh seseorang?

Dalam artikel ini kami akan berbagi cara mengetahui jika akun Instagram kamu telah dibajak oleh seseorang.  Cara mengetahui siapa yang membajak akun kamu dan, apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki akun kamu yang sudah dibajak.

Jika kamu merasa akun Instagram sudah dibajak atau dimata-matai oleh seseorang. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik, santai saja lalu kita cari solusinya.

Terkadang akun instagram dibajak seseorang karena mungkin ini bisa saja terjadi saat kamu menggunakan kata sandi atau nama pengguna yang salah untuk mengakses akun instagram tersebut.  Atau mungkin kamu sebelumnya membuat perubahan akun atau kamu meminta orang lain untuk detail login akun yang kamu pakai.

Curiga akun instagram kamu telah dibajak seseorang ketahuilah hal – hal berikut ini:

Bagaimana Mengetahui Jika Instagram Kita Dibajak

Atau mungkin seseorang telah membajak akun Instagram kamu. Jika begitu ada tindakan yang mungkin terjadi di akun instagram milikmu yang tidak kamu sadari.

Bisa dilihat dari mengikuti akun lain secara otomatis, menyuukai foto akun lain secara otomatis, mengirim kotak masuk otomatis akun atau hanya mendapatkan banyak daya tarik dalam waktu yang sangat singkat.

Terkadang, mungkin diblokir oleh Instagram karena aktivitas mencurigakan yang kamu  tidak sadari. Mungkin juga orang lain yang kamu tidak tahu mendapatkan detail login akun instagram kamu dan mereka mengakses akun instagram tersebut dari lokasi yang berbeda.

Itu tadi hanya beberapa tanda bahwa akun Instagram kamu telah sengaja dibajak oleh seseorang. Jadi, apa yang harus di lakukan jika akun Instagram kamu kena retas?

Apa yang harus dilakukan jika akun Instagram dibajak seseorang?

Setelah kamu melihat ada aktivitas mencurigakan di akun instagram. Termasuk membuat komentar atau share konten yang kamu tidak merasa atau bahkan memposting atau memasukkan orang secara otomatis (spam), inilah yang kami sarankan untuk di lakukan.

  • Ubah kata sandi akun instagram yang terkena bajak atau kirim email atur ulang kepada diri sendiri
  • Cabut akses ke aplikasi pihak ketiga mana pun. (ini adalah aplikasi yang diizinkan untuk mengakses akun mu yang sebagian besar digunakan untuk masuk)
  • Aktifkan 2fA (otentikasi dua faktor) untuk akun instagram mu. Hal ini dilakukan pada dasarnya adalah agar setiap kali seseorang mencoba login, kamu akan menerima kode sms di ponsel atau email untuk memverifikasi login.

Cara Mengetahui Siapa yang Mambajak Instagram Mu

Pastinya kamu tidak akan dapat mengetahui siapa yang membajak akun Instagram tersebut. Tetapi dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3.  Kamu bahkan dapat masuk ke tempat penyusup berada. Termasuk alamat protokol internet akses akun, komputer atau perangkat yang mereka gunakan untuk mengakses akun instagram yang kena retas tersebut.

Apa yang harus dilakukan jika Akun Instagram dibajak?

Jika  merasa akun instagram kamu telah dibajak atau diambil alih, ada tindakan yang dapat di lakukan untuk mengamankan akun instagram tersebut.

  1. Verifikasi Identitas Milikmu

Setelah mengirimkan permintaan , kamu akan menerima email tanggapan otomatis dari Tim Keamanan di Instagram yang meminta kamu untuk membantu mereka memverifikasi  beberapa identitas mengenai pemilik akun istagram. Kita akan diminta untuk salah satu atau kedua hal berikut:

  • Foto diri memegang kertas dengan kode tulisan tangan yang di berikan.
  • Alamat email atau nomor telepon yang di gunakan untuk mendaftar dan jenis perangkat atau pun ponsel yang di gunakan saat mendaftar (contoh: iPhone, Android, iPad, dan yang lainnya).
  • Setelah selesai memberikan informasi untuk membantu Instagram memverifikasi identitas mu, mereka akan mengirimkan instruksi khusus untuk memulihkan akun milikmu di alamat email aman yang sudah dikirimkan.

2. Periksalah email yang masuk  dari Instagram

Jika kamu sudah menerima email dari Instagram yang memberitahukan bahwa alamat email mu telah diubah. Kamu dapat membatalkannya dengan menggunakan opsi kembalikan perubahan ini dalam pesan tersebut. Jika informasi tambahan juga diubah (contoh: kata sandi), dan kamu tidak dapat mengubah kembali alamat email , segera laporkan akun tersebut kepada pihak instagram.

3. Dapatkan kode keamanan yang dikirim ke alamat email atau nomor telepon

Untuk membantu Instagram mengonfirmasi bahwa kamu benar – benar pemilik akun tersebut, kamu bisa meminta mereka mengirimkan kode keamanan ke alamat email atau nomor telepon yang kamu kehendaki.

Untuk meminta kode keamanan:

  • Pada layar masuk, tap Info masuk saya tidak berfungsi.
  • Selanjutnya, pilih alamat email atau nomor telepon mu untuk mengirim kode, lalu tap Kirim Kode Keamanan.
  • Masukkan kode 6 digit yang kamu terima dan tap Konfirmasi dan ikuti petunjuk di layar.
  • Laporkan akunnya
  • Jika kamu masih tidak dapat memulihkan akun instagram tersebut dengan kode keamanan, harap laporkan akun tersebut ke Instagram.

Untuk melaporkan akun instagram yang diretas di Instagram:

  • Tap Dapatkan bantuan masuk (Android) atau Lupa kata sandi? (iPhone).
  • Tap Info masuk saya tidak berfungsi dan ikuti petunjuk di layar

Cara memperbaiki akun Instagram yang diretas

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu menjaga keamanan akun instagram mu :

  • Buatlah kata sandi yang cukup kuat. Gunakanlah kombinasi yang sulit  minimal enam angka, huruf, dan tanda baca (contoh ? dan &). Kata sandi atau pasword ini harus berbeda dari kata sandi yang lain yang kamu gunakan di tempat lain di internet.
  • Usahakan untuk mengubah kata sandi yang kamu gunakan secara berkala, terutama jika ada pesan dari Instagram yang meminta untuk melakukan hal tersebut. Selama pemeriksaan yang dilakukan keamanan otomatis, Instagram kadang mengupdate informasi login yang dicuri dari situs lain. Jika Instagram mendeteksi bahwa ada indikasi kata sandi instagram kamu mungkin telah bocor, mengubah kata sandi di Instagram dan situs lain membantu menjaga keamanan akun tersebut dan mencegah dibajak di lain waktu.
  • Jangan pernah memberikan kata sandi milikmu kepada siapapun apalagi kepada seseorang yang tidak kamu kenal dan percayai.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan akun tambahan.
  • Pastikan akun email kamu aman. Siapa pun yang dapat membaca email kamu mungkin juga dapat mengakses akun Instagram milik mu. Ubah kata sandi untuk semua akun email dan pastikan tidak kata sandi yang sama santara yang satu dengan yang lainnya.
  • Logout dari Instagram saat menggunakan komputer atau ponsel yang kamu berbagi penggunaannya dengan orang lain. Jangan memilih kotak “Ingat Saya” saat masuk dari komputer fasilitas umum, karena ini akan membuat kamu tetap login bahkan setelah kamu menutup jendela browser.
  • Berhati – hatilah sebelum kamu mengotorisasi aplikasi pihak ketiga mana pun.

Tetapi jika kamu masih tidak dapat mengakses akun Instagram milik mu baik dengan login atau kamu masih melihat penggunaan dan interaksi yang tidak dikenali dalam akun instagram milik mu, kami sarankan untuk menghubungi tim keamanan Instagram. Semoga Membantu…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.