Arti Ukuran Ban Mobil

Posted on

Sebuah ban merupakan sebuah komponen penting yang ada pada setiap kendaraan. Ban ini mempunyai fungsi yang bisa dikatakan sebagai alas kaki pendukung agar mobil bisa melaju dengan stabil sekaligus mempunyai peran untuk menopang beban kendaraan. Penting untuk mengetahui arti ukuran ban mobil agar bisa mendapatkan ban sesuai kebutuhan.

Biasanya sebuah produsen mobil akan mencantumkan ukuran dengan menggunakan kode tertentu secara mendetail pada sisi dinding mobil. Bentuk kode itu biasanya berupa deretan angka dan huruf yang sebenarnya memiliki arti tersendiri.

[ads1]

Mobil mempunyai standar ukuran yang berbeda-beda. Untuk mengetahui ukuran tersebut pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui cara membaca kode pada dinding mobil. Berikut ini cara membaca standar ukuran ban mobil yang bisa digunakan untuk memilih ban terbaik sesuai ukuran dan tipe mobil yang dimiliki, di antaranya:

1. Jenis Ban

Biasanya pada awal kode ban terdapat huruf. Misalkan ban menggunakan huruf P yang tercantum pada dinding ban, hal tersebut menunjukkan arti bahwa ban yang digunakan adalah bahan jenis P matriks. Bahan ini merupakan ban yang dibuat di Amerika Serikat dan biasanya ditujukan untuk kendaraan penumpang.

Jika ukuran ban sama sekali tidak memiliki huruf awal, artinya ban tersebut termasuk dalam jenis ban matrix Euro. Matrix Euro berbeda kapasitas beban yang dimilikinya. Selain dua keterangan di atas, ada juga ban jenis truk yang biasanya mempunyai kode huruf LT di awal dan di akhir kode ban.

2. Lebar Ban

Lebar ban merupakan ukuran milimeter dari dinding samping ke dinding samping lain dari sebuah ban. Ukuran ban mobil ini disertakan setelah huruf pertama, dan biasanya tertulis angka yang menunjukkan ukuran lebar dari ban tersebut. Misalnya jika P225 berarti jenis ban P metrik dan lebar bannya yaitu 225 mm.

3. Aspect Ratio

Aspek rasio pengertiannya adalah perbandingan antara tinggi dan lebarnya penampang ban. Misalnya, jika dilihat pada kode berikut P225/70 R16. Kode angka 70 di sini artinya adalah tinggi ban sama dengan 20% dari lebar ban. Dapat disimpulkan semakin besar aspek rasio nya maka semakin besar pula ukuran dinding samping bannya.

4. Konstruksi Ban

Pada kode P225/70 R16 untuk konstruksinya disebutkan dengan huruf R, yang merupakan singkatan dari radial artinya ban jenis tersebut menggunakan konstruksi ban yang dilapisi secara radial. Konstruksi ban radial mempunyai cengkraman baik dan lebih hemat BBM ditambah dengan kenyamanan serta daya tahan berkendaranya yang lebih baik dari konstruksi ban versi dahulu.

5. Diameter Roda

Diameter ban diukur berdasarkan satuan inci. Untuk besaran diameter pada kode P225/70 R16 artinya roda berukuran diameter 16 inci. Dengannya untuk besaran diameter pelek harus sama dengan besaran diameter ban. Jika ingin merubah ukuran pelek, maka pemilik mobil juga harus merubah ukuran ban.

Selain kode di atas ada satu kode huruf lagi yang terkadang ada di dalam kode informasi pada dinding ban. Yakni kode huruf m + s atau biasanya berbentuk seperti simbol gunung dan salju. Simbol dan kode huruf ini artinya ban bisa digunakan dan mempunyai performa yang baik untuk menghadapi medan pada musim dingin atau jalanan yang licin serta berlumpur.

Semua informasi dan ukuran ban mobil sudah tersedia pada dinding ban kendaraan secara lengkap. Informasi mengenai ban ini memang sudah diberikan langsung dari pihak pabrikan ban untuk mempermudah pemilik mobil dalam memilih atau menentukan ban yang ingin dipakai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.